home bar

Rabu, 23 September 2015

ETIOLASI - KUTILANG dalam Penyemaian

ETIOLASI - KUTILANG dalam Penyemaian
                                                                                              
Mungkin anda akan sering mendengar kata ini ETIOLASI atau KUTILANG dalam istilah penyemaian benih. Apa sih Etiolasi itu ? Etiolasi atau yang sering kita bahasakan dengan istilah Kutilang : kurus tinggi langsing. Dimana pertumbuhannya tidak seimbang, yaitu batang memanjang, dan sulit menghasilkan daun.

Etiolasi itu terjadi karena hormon auksin yang dengan cepat bekerja atau tumbuh didalam gelap tanpa terkena sinar matahari, akibatnya pertumbuhannya hanya batang memanjang tidak bisa menghasilkan daun. Kalau dibiarkan maka akan lemas dan cepat mati.

Inilah awal kesalahan yang biasa dibuat oleh para pemula saat menyemai, terutama musim hujan ini. Kalau gak ada matahari, saya memberi lampu diatasnya, dg menggunakan lampu khusus growing light. 

Jadi untuk menghindari terjadinya Etiolasi, dalam postingan  saat benih mulai sprout atau pecah, segera buka tutupnya dan segera kenalkan dengan cahaya. Jangan tunggu benih menjadi kecambah . Jika sudah berkecambah, sebaiknya dibuang saja, dan semai lagi menggunakan rockwool bekasnya atau lainnya.

Jika sudah membentuk daun seperti foto di atas , karena merasa sayang dibuang maka  menyiasatinya dengan ditanam kembali menggunakan media tanam berupa sekam bakar dan cocopeat dg perbandingan 1 : 1 ditanam sampai ujung batang,  ditanam dg model seperti itu maka nanti hasilnya akan bagus kembali namun pertumbuhannya tidak seperti yang di harapkan dan sangat lambat. 

sumber : homehydro.com, kebunhidro.com

Baca Juga :

Tidak ada komentar: