home bar

Selasa, 22 September 2015

MEMBUAT GREEN HOUSE SEDERHANA

MEMBUAT GREEN HOUSE SEDERHANA

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat green house sederhana untuk budidaya tanaman, Anda harus mengetahui terlebih dahulu, apa pengertian dari green house. Green house sendiri adalah
sebuah bangunan yang memiliki kerangka atau bentuknya menggelembung atau bentuk lainnya, lalu dibalut dengan bahan yang bening dan tembus cahaya matahari. Hal ini akan bisa meneruskan cahaya matahari ke tanaman secara maksimal yang berfungsi untuk melindungi tanaman dari kondisi iklim yang ekstrim dan mungkin bisa merusak tanaman. Kurang lebih seperti itulah pengertian green house.



pembuatan green house sederhana

Saat ini membudidayakan tanaman dengan menggunakan green house dinilai memiliki beberapa kelebihan karena pertumbuhan tanamannya bisa lebih terkontrol dan hasil produksinya bisa seragam atau sama. Akan tetapi fungsi green house di daerah-daerah beriklim tropis dan subtropis, ternyata berbeda, loh. Pada daerah beriklim tropis, green house hanya berfungsi untuk melindungi tanaman saja. Akan tetapi pada daerah beriklim subtropis, green house bisa mengendalikan lingkungan mikro.

                                                                                 
Pembuatan Green House

Green House Sederhana

Green house bisa melindungi tanaman dari serangan hama dan melindungi tanaman dari air hujan secara langsung yang terkadang bisa merusak tanaman. Seperti yang tadi sudah dibahas di paragraf sebelumnya, fungsi green house di daerah beriklim tropis dan subtropis berbeda. Ini pula yang menyebabkan bentuk green house juga berbeda. Pada umumnya green house di daerah beriklim tropis lebih sederhana.

Suhu yang terjadi di dalam green house ternyata juga lebih tinggi loh dibandingkan dengan suhu di luar green house. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi meningkatnya energi di dalam green house ini. Hal ini membuat adanya green house ini sangat berpengaruh terhadap lingkungan mikro tanaman yang ada di dalamnya. Nah, salah satu cara yang bisa membantu Anda dalam mengendalikan lingkungan mikro tanaman di dalam green house ini adalah dengan cara memberikan ventilasi alamiah.

Ventilasi alamiah memiliki kelebihan, tetapi juga memiliki kekurangan. Di dalam sebuah green house, ventilasi alamiah tidak perlu perawatan khusus dan biaya pembuatannya pun murah. Akan tetapi vantilasi alamiah juga bisa membuat lingkungan mikro menjadi ketergantungan terhadap ventilasi alamiah tersebut sehingga akan sulit dikendalikan. Tempat dan luas dibuatnya ventilasi alamiah ini sangat berpengaruh karena bisa mempengaruhi pergerakan udara di dalam green house yang bisa membantu mengendalikan panas yang ada di dalam green house.

Lalu bagaimana cara membuat green house sederhana untuk membudidayakan tanaman?

Pembuatan Green House Sederhana
Sebelum membuat green house yang sederhana Anda membutuhkan beberapa bahan, diantaranya: kayu/bambu yang berguna untuk membuat kerangka dan rak tanaman, plastik yang berguna utnuk menutup tanaman, paranet yang berguna untuk menyaring sinar matahari dan menutup seluruh bagian green house.

Jika semua bahan sudah siap, berikut ini adalah cara pembuatan green house sederhana: Langkah pertama Anda harus membuat kerangka green house terlebih dahulu dengan bahan kayu/bambu yang tadi sudah dipersiapkan. Buatlah kerangka mirip dengan kerangka rumah tinggal. Untuk bagian tiang, disarankan agar diberi dudukan beton/cor. Setelah kerangka bangunan jadi, lapisi dengan paranet.

Kemudian setelah semuanya selesai buatlah beberapa bedeng persemaian menggunakan bambu yang dilengkungkan. Green house sederhana Kira-kira seperti itulah penjelasan tentang green house dan bagiamana cara membuat green house sederhana untuk melindungi tanaman Anda. So, semoga informasi ini bisa menginspirasi untuk membuat green house dan bermanfaat bagi Anda.

sumber : hidroponikceria.com

baca juga :
Pembuatan Pupuk Organik CairTernak Cacing Tanah - Lumbricus Rubellus
 13 Kelebihan Pupuk OrganikBOKASHI